Pentingnya Cable Gland

Cable gland adalah perangkat yang dipakai sebagai pengikat kabel, penyambungan kabel disisi apparatus elektrik dan disisi box terminasi akan di eratkan dengan menggunakan perangkat yang disebut gland kabel. Seringkali perangkat gland kabel luput dari perhatian serius dalam pemilihan kualitasnya padahal pengikat ini memiliki peranan sebagai bagian dari keselamatan (safety) dalam lingkungan industri. Pada intinya CABLE GLAND adalah sebuah alat (non-listik) yang dipakai untuk  melekatkan dan mengamankan ujung kabel di sisi peralatan listrik.



Mengapa perlu alat khusus untuk melekat di peralatan? Bukankah ada terminal kabel? Inilah fungsi cable gland, yaitu mengurangi stress pada terminal dan tembaga yang diterminasi. Stress itu disebabkan karena tarikan gravitasi berat kabel atau vibrasi. Jadi, efek mekanis kabel diluar peralatan listrik  tidak ditahan oleh terminal, tetapi oleh cable gland tadi. Pada lingkungan yang berbahaya (hazardous area), cable gland juga harus mendukung fungsi ini. Untuk cable gland  type Eex ‘d” (explosion proof), berfungsi juga menahan internal pressure  jika terjadi ledakan didalam  sebuah papan bagi (distribution panel) jenis Eex ‘d’. Cable gland juga berperan dalam instalasi bangunan higienis sehingga bisa mempertahankan tekanan bangunan lebih tinggi dari dalam bangunan (positive pressure). Ruangan  jadi bebas debu dan bebas dari rembesan air yang masuk/turun melalui kabel. Cable gland  juga berperan untuk memberikan koneksi secara fisik dari panel ke kabel armor atau shielding kabel.

Cable Gland sendiri memiliki berbagaia macam type  dari segi material, seperti yang terbuat dari:

  • Plastik
  • Kuningan
  • Aluminum
  • Stainless Steel



Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan kualitas Cable Gland antara lain:

  • Type industri yang membutuhkan gland kabel, apakah industri ringan, pabrik berskala kecil, pabrik berkapasitas besar, lingkungan perkantoran, bandara dsb.
  • Lingkungan dimana gland kabel akan dipasang, indoor atau outdoor.
  • Apakah lingkungan terpasang termasuk dalam explosive atmosphere.
  • Apakah lingkungan sekitar pemasangan termasuk area korosif
  • Pertimbangan harga, berbeda merk bisa berlainan harga.


Demikian sedikit pengetahuan saya tentang Cable Gland, semoga bermanfaat untuk Anda yang membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Kegunaan Sarung Kursi

Perbedaan Freezer dan Chiller yang Perlu Kamu Ketahui