Mesin CNC Center


Mesin CNC Machining center, CNC sendiri merupakan singkatan dari Computer Numerical Control yaitu mesin yang digunakan untuk proses manufacturing. CNC machining center sendiri merupakan salah satu jenis mesin cnc yang banyak digunakan dalam proses manufacturing. Mesin CNC Machining center dapat melakukan proses machining apa saja, misalnya proses drilling, milling, boring, tapping, dll. CNC Machining center memiliki dua tipe yaitu, tipe vertical dan horizontal.

Unsur penting pada machining center
Linear Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara linear. Umumnya mesin machining center mempunyai 3 sumbu linear, yaitu X,Y dan Z axis. Pergerakan dari 3 sumbu tersebut adalah orthogonal.

Rotation Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara rotary (berputar). Pergerakan putar bisa di lakukan 1° , untuk mesin Machining center tipe terbaru bisa di gerakkan 0.1° . sedangkan kepresisian gerakan rotari axis umumnya 0.001°

Automatic Pallet Change (APC)  
APC merupakan singkatan dari Automatic Pallet change. Artinya penggantian pallet di lakukan secara otomatis. Untuk proses APC, harus ada 2 pallet, 1 pallet berada di dalam mesin dan yang lain ada di luar mesin. Untuk pallet yang berada di luar mesin di gunakan untuk memasang dan setting benda kerja yang belum di proses, sedangkan pallet yang ada di dalam mesin di gunakan untuk memproses benda kerja.

Cutting Tool
Cutting tool adalah alat atau perkakas yang di gunakan untuk membentuk proses machining.
Drill (mata bor)
Tap
Cutter
Milling
End Mill

Magazine Tool merupakan tempat parkir cutting tool. Semua cutting tool yang di gunakan dalam proses pada machining center di simpan dalam magazine ini.

Spindle merupakan alat pemegang cutting tool untuk melakukan proses. Spindle dapat di putar sesuai dengan yang di inginkan, namun kecepatan maksimal putaran sesuai dengan spek dari motor spindle yang di gunakan.

ATC arm berfungsi untuk proses pergantian tool, dimana arm mengambil cutting tool yang ada di magazine dan Tool yang ada di Spindle di taruh ke magazine. Proses pergantian tool dapat di lakukan secara manual, MDI (Manual data Input) maupun secara otomatis yang di sebut dengan istilah ATC (Automatic Tool Change).

Automatic Tool Change, sebagai penggantian tool secara otomatis, proses ATC secara simple adalah sebagai berikut:
-Magazine menyiapkan tool yang akan di pindahkan ke area spindle.
-Arm ATC mengambil tool dari magazine dan meletakkan tool tersebut ke spindle.
-Jika pada spindle sebelumnya terdapat tool, maka tool yang ada di spindle di pindahkan ke port magazine sesuai dengan alamat sebelumnya.

Lubrication System, pada suatu proses machining sistem pelumasan adalah bagian yang sangat penting , system pelumasan yang baik sangat membantu mengurangi breakdown mesin akibat ke-aus-an pemakaian. Sistem lubrikasi otomatis dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan "cara manual pelumasan" sehingga lebih mudah dipantau dan lebih aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Cable Gland

Manfaat dan Kegunaan Sarung Kursi

Perbedaan Freezer dan Chiller yang Perlu Kamu Ketahui