5 Strategi Pemasaran Produk UKM Yang Bisa Kamu Terapkan, Usaha Jadi Lebih Efektif
Menjalankan usaha bukanlah hal yang mudah, diperlukan kerja keras dan tentunya strategi yang mumpuni agar usaha yang dijalankan berhasil. Terlebih bagi pelaku UKM, karena keterbatasan modal khususnya, maka usaha yang dijalankan harus berjalan dengan baik agar tidak terjadi kerugian.
Demi keberhasilan usaha, menggunakan jasa digital marketing untuk menentukan strategi pemasaran efektif sangatlah baik. Jika ingin mencoba membuat strategi sendiri, berikut ada tips strategi pemasaran yang efektif untuk digunakan dalam menjalankan usaha seperti:
Produk yang ditawarkan haruslah unik
Saat ini banyak produk yang berseliweran ditawarkan oleh pebisnis, banyak diantaranya merupakan produk yang sama. Untuk mendapatkan konsumen, produk yang ditawarkan haruslah unik, menarik, dan memiliki kelebihan dibanding produk lain yang sejenis. Jika tidak, kamu akan kesulitan bersaing di pasaran.
Jadilah seorang networker
Memiliki jaringan yang luas seperti digital agency adalah poin penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika saat ini kamu bukan merupakan seorang networker, mulailah belajar bagaimana cara menjadi seorang network yang kompeten. Rasa percaya diri dan optimisme juga wajib dimiliki ketika menjalankan bisnis, karena kedepannya anda akan menghadapi berbagai problema dalam menjalankan bisnis.
Mampu menentukan segmentasi, target, dan posisi
Tiga Hal yang bisa ditiru dari jasa digital marketing ketika akan memasarkan produk, yakni menentukan segmentasi pasar, menentukan target, serta posisi. Segmentasi pasar dilakukan dengan menempatkan calon konsumen dalam beberapa kelompok di pasar produk. Tentukan target pasar bisa dilakukan dengan evaluasi berbagai segmen yang dimaksud, hal ini akan berguna nantinya ketika menentukan target pasar. Selanjutnya menentukan posisi produk merupakan kombinasi kegiatan di mana pengusaha melakukan manajemen, dalam hal ini guna memenuhi kebutuhan serta keinginan setiap pasar yang disasar.
Bisa memanfaatkan e-commerce
Tidak perlu menyewa jasa digital agency untuk membuat website sendiri agar terlihat profesional, pelaku UKM bisa memanfaatkan e-commerce. E-commerce yg akan sangat membantu dalam menyebarkan produk, dalam hal ini pengusaha akan memiliki peluang yang besar dalam menjangkau pasar yang lebih luas bahkan dalam tingkat global. Di Indonesia sendiri ada beberapa e-commerce yang dapat dimanfaatkan, seperti Bukalapak, Tokopedia, shopee, dan lainnya.
Konsisten
Jika ingin sukses dalam menjalankan usaha, konsistensi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pelaku usaha. Selain kreatif, konsistensi dalam melakukan strategi pemasaran yang dipilih adalah hal yang wajib. Seiring berjalannya waktu, dengan konsistensi kepercayaan konsumen akan terbangun. Kepercayaan konsumen menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam menjalankan usaha.
Itulah beberapa strategi pemasaran yang bisa ditawarkan untuk pelaku UKM dalam menjalankan usaha. Untuk mencapai tingkat keberhasilan, tentunya Membutuhkan waktu dan kesabaran dalam menjalankannya. Jika usaha sudah berkembang dan memiliki budget lebih, bisa mencoba menggunakan jasa digital marketing untuk kegiatan pemasaran yang lebih profesional.
Komentar
Posting Komentar