Sudah Tahu Jenis-jenis Informasi Akuntansi? Belajar Lagi Yuk!

Source: Pexels

Mahasiswa jurusan akuntansi sudah paham betul mengenai fungsi akuntasi, secara sederhananya memiliki empat fungsi diantaranya sebagai pengontrol / pengendali keuangan dalam perusahaan, sebagai media evaluasi perusahaan, sebagai perencanaan perusahaan di masa yang akan datang, dan sebagai informasi penting yang dapat digunakan untuk tujuan pengambilan keputusan.

Untuk menjalankan fungsinya, ada beberapa informasi dalam proses akuntansi yang harus diperhatikan oleh pihak perusahaan. Agar data keuangan bisa dimanfaatkan dengan baik, oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan maka data yang ada harus disusun dalam bentuk yang sesuai. Berikut ini ada beberapa jenis informasi akuntansi, diantaranya:

Informasi operasi

Informasi jenis ini menyediakan data mentah untuk informasi akuntansi keuangan serta akuntansi menejemen, jenis informasi akuntansi yang terdapat pada perusahaan manufaktur (seperti informasi produksi, informasi penggajian, informasi pembelian dan pemakaian bahan baku, informasi penjualan, dan lainnya).

Bagi karyawan yang berminat masuk jurusan ini, namun tidak memiliki banyak waktu luas bisa mengikuti kuliah blended learning. Saat ini banyak universitas yang menawarkan program kuliah di jurusan akuntansi dengan metode ini, bahkan beberapa diantaranya menawarkan jenjang S2 akuntansi.

Informasi akuntansi manajemen

Informasi satu ini dikhususkan untuk kepentingan manajemen, makanya dinamakan informasi akuntansi manajemen. Jenis informasinya sendiri di gunakan pada tiga fungsi manajemen, seperti perencanaan, pengendalian, dan implementasi.

Informasi akuntansi manajemen dihasilkan oleh sistem pengolahan informasi keuangan yang disebut akuntansi manajemen, biasanya disajikan kepada pihak manajemen perusahaan dalam berbagai laporan (seperti laporan penjualan, laporan biaya menurut pusat pertanggungjawaban, anggaran laporan biaya porduksi, laporan biaya menurut aktivitas dan lainnya).

Jenis informasi akuntansi manajemen ini terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya:
  • Akuntansi biaya penuh (full cost accounting) Akuntansi biaya penuh menjadikan informasi berkenaan dengan total pendapatan serta biaya dan aktiva, baik itu untuk masa yang lalu maupun yang akan datang. Selain itu, informasi yang dimaksud juga bisa jumlah dari keseluruhan biaya langsung yang berhubungan dengan item ditambah bagian yang pantas serta layak dibebankan pada item tersebut dari biaya tidak langsung.
  • Akuntansi biaya diferensial (differensial accounting) Akuntanasi biaya diferensial menyajikan informasi yang berkaitan dengan taksiran pendapatan, juga biaya dan aktiva yang berbeda-beda jika suatu tindakan tertentu dipilih. Mahasiswa jurusan akuntansi pasti paham betul mengenai jenis informasi akuntansi manajemen satu ini.
  • Akuntansi pertanggungjawaban (responsibility accounting) Akuntansi pertanggungjawaban menyajikan informasi yang berkaitan dengan pendapatan serta biaya atau aktiva yang dihibungkan dengan sebuah bagian atau unit dalam perusahaan, masing-masing unit tersebut dipimpin oleh seorang manajer perusahaan yang memiliki tanggung jawab terhadap unit yang bersangkutan. Tujuan dari jenis informasi ini sendiri adalah untuk melakukan pengendalian biaya.

Informasi akuntansi keuangan

Bagi yang kuliah blended learning di jurusan akuntansi tentu sudah tidak asing dengan jenis informasi akuntansi keuangan. Informasi akuntansi satu ini digunakan oleh manajer maupun pihak eksternal perusahaan, tujuan guna menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, maupun perubahan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Maanfaatnya sendiri bisa dirasakan untuk sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Informasi akuntansi keuangan untuk pihak luar biasanya disajikan dalam bentuk laporan keuangan, terdiri dari neraca, laporan perubahan posisi keuangan, serta laporan laba rugi.

Beberapa pihak luar yang menggunakan laporan keuangan tersebut diantaranya kreditur, badan atau lembaga pemerintah, pemenang saham, dan masyarakat umum, yang mana masing-masing pihak memiliki kepentingan yang berbeda.

Penyusunan informasi yang disajikan sesuai dengan aturan dasar, namanya standar akuntansi keuangan (SAK). Standar tersebut digunakan untuk menyusun laporan keuangan. Laporan pada pihak luar biasanya disajikan gambaran menyeluruh mengenai kondisi keuangan serta hasil usaha sebuah organisasi, sedangkan pihak manajemen disajikan informasi akuntansi keuangan yang lebih rinci.

Itulah sedikit pembahasan mengenai berbagai jenis informasi akuntansi yang wajib diketahui oleh pihak perusahaan, tentunya berbagai informasi akutan diatas sudah dipahami betul oleh mahasiswa jurusan akuntansi. Jurusan satu ini memang masuk kategori jurusan populer, pasalnya prospek kerja masa depannya yang terbilang luas. Saat ini ada banyak universitas yang menawarkan kuliah murah di Jakarta untuk jurusan ini, termasuk di berbagai wilayah jabodetabek dan luat kota.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Cable Gland

Manfaat dan Kegunaan Sarung Kursi

Perbedaan Freezer dan Chiller yang Perlu Kamu Ketahui