Cara Membersihkan Kulit Jok Mobil Beludru


Memiliki interior jok mobil yang bersih tentu akan membuat kita nyaman saat berkendara. Dalam melakukan perawatan pada jok mobil tidak dapat sembarangan asal bersihkan saja, ada tata cara dan trik bagaimana memberishkan jok mobil agar jok tidak rusak karena cara perawatan yang salah.

Kulit jok mobil dengan bahan beludru salah satu cover jok yang masih menjadi pilihan meskipun saat ini banyak toko yang jual kulit jokmobil dengan berbagai jenis pilihan. Perawatan jenis jok ini memang lebih sulit dibanding dengan jenis bahan jok lainnya butuh dilakukan dengan hati-hati pada saat membersihkannya.

Dan langsung saja kita bahas ke pokok pembahasan, yaitu bagaimana cara merawat jok mobil berbahan beludru? Berikut ulasnnya.

Peralatan

- Kain Lap Bersih
- Cairan Pembersih Khusus Bahann Beludru
- Sikat Lembut
- Vacuum Cleaner (jika ada) / sapu kecil / kemonceng

Cairan pembersih untuk bahan beludru bisa Anda temukan di supermarket, toko yang jual kulit jok mobil atau di toko aksesoris mobil. Jangan sekali-sekali menggunakan pembersih untuk jok kulit karena komposisi komponennya berbeda.

Langkah-Langkah

1. Bersih kotoran dan debu yang berada di permukaan jok dan  di sela-sela jok beludru. Caranya tentu dengan menggunakan vacuum cleaner. Untuk tahap pertama, lakukan pembersihan ini pada satu bagian jok terlebih dahulu.

Sedot kotoran atau debu di sela-sela dan permukaan jok dengan penyedot debu. Setelah itu semprotkan cairan pembersih berupa busa ke permukaan yang akan dibersihkan. Segera sikat bagian yang sudah disemprotkan dengan satu arah untuk menghindari kotoran kembali, dan lakukan secara parsial atau per bagian.

2. Sebelum menggunakan cairan pembersih baca terlebih dahulu aturan pakainya, setelah Anda sudah memahami aturan pakainya semprotkan atau tuangkan cairan pembersih ke permukaan yang akan dibersihkan. Kemudian segera sikat bagian yang sudah disemprotkan sebelum mengering dengan satu arah untuk menghindari kotoran kembali, dan lakukan per bagian.

3. Setelah disikat, segera usap bagian yang telah disikat dengan lap kering lembut yang menyerap. Setelah itu keringkan jok dengan menjemurnya di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Namun biasanya ada sebagian orang yang malas untuk membuka lapisan bahan beludru, Anda bisa membuka seluruh pintu mobil agar angin dapat masuk dan udara lembab bisa keluar. Tapi sangat disarankan lebih baik dijemur di bawah matahari.

4. Usahakan hindari noda yang sulit untuk dihilangkan bagi bahan beludru, seperti cairan tinta dan tumpahan makanan atau minuman yang dapat menyerap cepat ke permukaan pelapis.



Dan itu lah langkah dan cara membersihkan atau merawat mobil dengan bahan beludru. Lakukan pembersihan secara rutin minimal satu bulan dua kali, agar kebersihan mobil Anda dapat terjaga. Karena kendaraan yang bersih tentunya akan membuat nyaman penumpang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Cable Gland

Manfaat dan Kegunaan Sarung Kursi

Perbedaan Freezer dan Chiller yang Perlu Kamu Ketahui