5 Cara Cerdas Memilih Besi Berkualitas, Catat Ya!




Hei, Andakah itu yang sedang pusing mencari distributor besi Surabaya atau tempat jual besi Surabaya? Dalam dunia konstruksi, besi tampaknya memang menjadi salah satu bahan wajib ada yang tidak boleh ditinggalkan. Oleh karena itu, pemilihan besi harus benar-benar diperhatikan. Sembarangan memilih besi bisa menjadikan bangunan tidak kukuh berdiri. Nah, sebelum Anda buru-buru membeli besi, ada baiknya Anda perhatikan dulu 5 cara memilih besi berkualitas berikut ini.

1.    Pertimbangkan merek besi
Meski bukan segalanya, merek tentu menjadi hal yang Anda pertimbangkan saat hendak membeli barang. Memang, bagus atau tidaknya suatu barang dapat terlihat dari mereknya. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan merek sebelum memilih besi andalan. Biasanya, setiap besi memiliki label berupa nama merek yang ditempatkan di bagian permukaan. Pastikan Anda memilih besi dengan merek terpercaya dan memiliki Standar Nasional Indonesia. Sebelum membeli, tidak ada salahnya juga berkonsultasi dengan penjual lebih dulu.

2.    Jangan mengabaikan harga
Besi dijual dengan harga yang beragam. Tidak sedikit pula pedagang yang sengaja memberikan harga murah untuk menarik minat pelanggan. Meski tidak semua, besi dengan harga murah biasanya memiliki kualitas rendah. Namun, bukan berarti besi dengan harga tinggi sudah teruji kualitasnya. Sebelum membeli, pintar-pintarlah mencari tahu dan cobalah membandingkan harga serta kualitas besi dengan merek yang satu dengan lainnya.

3.    Pilih jenis besi sesuai keperluan
Secara garis besar, terdapat dua jenis besi, yakni besi ulir (deformed bar) dan besi polos (plain bar). Besi ulir memiliki bentuk permukaan memuntir dengan pola yang berbeda sesuai pabrik pembuatnya. Umumnya, besi ulir digunakan sebagai tulangan beton.

Sementara itu, besi polos berbentuk bundar, memiliki permukaan licin dan mulur, serta mudah dibentuk. Besi ini biasanya digunakan untuk membungkus besi ulir yang digunakan sebagai tulangan beton. Karena setiap jenis besi memiliki fungsinya masing-masing, pastikan Anda memahami lebih dulu jenis-jenis besi tersebut dan tentukan besi mana yang menjadi kebutuhan.

4.    Sesuaikan pula ukuran besi dengan kebutuhan
Selain memiliki jenis yang bermacam-macam, besi juga memiliki panjang, lebar, dan diameter yang beragam. Pastikan ukuran besi yang dibeli benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Hati-hati, beberapa besi biasanya mengalami perubahan karena proses pemuaian maupun penyusutan. Jadi, cek baik-baik ukuran besi sebelum benar-benar membelinya, atau Anda bisa meminta bantuan pada pemiliki distributor besi Surabaya untuk membantu Anda menemukan besi apa yang cocok untuk kebutuhan Anda.

5.    Perhatikan kondisi besi sebelum benar-benar membayarnya
Pastikan untuk tidak malas melakukan cek dan ricek. Sebelum benar-benar melakukan pembayaran, cek sekali lagi besi yang akan dibeli. Salah satunya, cobalah untuk mengecek apakah besi sudah berkarat atau belum. Usahakan jangan sampai membeli besi yang sudah berkarat. Sebab, selain berbahaya bagi kesehatan, karat yang ada bisa mempercepat proses perusakan pada besi.

Nah, itu dia 5 cara cerdas memilih besi berkualitas. Semoga membantu, ya. Selamat memilih besi terbaik!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Cable Gland

Manfaat dan Kegunaan Sarung Kursi

Perbedaan Freezer dan Chiller yang Perlu Kamu Ketahui